August 17, 2018
  • 2:42 am Memilih Rumah Sewa
  • 1:34 pm Mengunjugni Indahnya Kawah Putih
  • 5:01 pm Klenteng Jin De Yuan, kelenteng tertua di Jakarta yang diminati wisatawan
  • 9:05 am Artikel Ekonomi Syariah Tentang Hukun Jual Beli Emas Secara Kredit
  • 1:38 pm Streaming Bola PSM Makassar VS Borneo FC

Indonesia dikenal dengan berbagai suku, ras, agama yang berbeda – beda namun tetap satu jua. Dengan begitu, tidak hanya Masjid maupun Gereja yang menjadi iconic dan diminati banyak pengunjung, namun juga Klenteng Jin De Yuan. Klenteng ini merupakan bangunan klenteng tertua yang menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta yang patut untuk di lestarikan.

Klenteng Jin De Yuan

Klenteng Jin De Yuan didirikan sejak tahun 1650 oleh seorang Letnan Tionghoa bernama Kwee Hoen. Bangunan ini dulunya sempat dirusak ketika terjadi pembantaian Angke yang membuat kaum Tionghoa menjadi sasaran pembunuhan. Namun pada tahun 1755, seorang Kapten Tionghoa yang bernama Kapten Oie Tjhie memugarnya kembali dan menjadikannya salah satu tempat wisata di Jakarta yang menjadi kebanggan warga Tionghoa.

Secara fisik, Klenteng Jin De Yuan memang tidak memiliki perbedaan dengan klenteng lainnya. Namun klenteng tertua yang menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta ini memiliki pilar gerbang yang tinggi dan besa, serta dominasi warna merah dan emas pada ukiran naga yang membuatnya semakin menarik.

Klenteng Jin De Yuan berada di Jalan Kemenangan III No. 13, Glodok, Jakarta Barat. Di dalamnya terdapat pula berbagai peninggalan sejarah, seperti artefak yang sangat berharga. Bahkan umur dari artefak yang ada di dalamnya sudah mencapai ratusan tahun dan seumuran dengan bangunan klenteng itu sendiri loh.

Selain itu, juga terdapat berbagai macam patung – patung Buddha, mulai dari ukuran paling kecil hingga terbesar sekalipun. Hal itu menjadi penghias sekitar klenteng Jin De Yuan ini sendiri, serta menjadikannya sebagai kebangaan warga Tionghoa yang patut untuk dijaga dan dilestarikan untuk generasi mendatang. Sehingga mereka bisa berbagai peninggalan sejarah yang ada dan mempelajarinya untuk mendapatkan pengetahuan lebih.

Demikian informasi mengenai tempat wisata di Jakarta Klenteng Jin De Yuan, yaitu klenteng tertua di Jakarta yang diminati banyak wisatawan domestik atau luar negeri sekalipun. Tidak hanya sebagai tempat ibadah, namun klenteng Jin De Yuan ini bisa pula sebagai ajang rekreasi untuk keluarga yang gratis dan tentunya menyenangkan. So, sudah menetapkan jadwal untuk mengunjunginya ?

eddye

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT