August 17, 2018
  • 2:42 am Memilih Rumah Sewa
  • 1:34 pm Mengunjugni Indahnya Kawah Putih
  • 5:01 pm Klenteng Jin De Yuan, kelenteng tertua di Jakarta yang diminati wisatawan
  • 9:05 am Artikel Ekonomi Syariah Tentang Hukun Jual Beli Emas Secara Kredit
  • 1:38 pm Streaming Bola PSM Makassar VS Borneo FC

Image result for ekonomi syariah

Pentingnya kita sebagai umat muslim mengetahui tentang hukum perekonomian dalam islam, ekonomi syariah merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat yang dilhami oleh nilai-nilai Islam. Melalui artikel ekonomi syariah kita bisa mengetahui lebih mudah tentang ekonomi syariah itu bagaimana, artikel ekonomi syariah penting untuk kita baca agar kita bisa mendapatkan informasi perekonomian dalam islam dimanapun dan kapanpun.

Jual beli emas secara tidak tunai itu bisa digambarkan dengan perumpamaan berikut ini :

Seumpama A membeli emas 1 gram dengan harga 500 ribu dibayar tunai, sedangkan emasnya diterima tidak tunai esok atau pekan depan. Atau sebaliknya emas diterima tunai, sementara uang dibayar kemudian atau angsur.

Menurut sebagian ulama dan otoritas fatwa nasional seperti DSN MUI itu memperkenankan jual beli emas tidak tunai ataupun angsuran kredit. Pendapat tersebut itu berdasarkan hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ubadah bin Shamit,

Rasulullah SAW bersabda :

اَلذَّهَبُ بِالذَّهَبِ, وَالْفِضَّةُ بِالْفِضَّةِ, وَالْبرُ ُّبِالْبرُ,ِّ وَالشَّعِيْرُ بِالشَّعِيْرِ, وَالتَّمَرُ بِالتَّمَرِ, وَالْمِلْحُ بِالْمِلْحِ, مِثْلاً بِمِثْلٍ, سَوَاءٌ بِسَوَاءٍ, يَدًا بِيَدٍ, فَإِذَا اخْتَلَفَتْ هَذِهِ الْأَصْنَافُ فَبِيْعُوْا كَيْفَ شِئْتُمْ إِذَا كَانَ يَدًا بِيَدٍ.

Para ulama yang memperkenankan jual beli emas secara tidak tunai atau angsur itu berpendapat bahwa illat atau kata kunci dari emas dan perak yang ada dalam hadits tersebut adalah mata uang.

Oleh karena itu maka setiap emas yang dijadikan mata uang jika diperjualbelikan itu harus tunai dan sama. Sedangkan setiap emas yang bukan mata uang atau komuditas maka boleh tidak tunai dan boleh juga tidak sama. Berdasarkan pendapat sebagian ulama tersebut maka emas baik emas perhiasan ataupun emas batangan itu tidak lagi dikategorikan mata uang tetapi sebagai komuditas menurut urf atau tradisi masyarakat begitupula menurut otoritas di Indonesia. Jual beli emas tidak tunai ini diperkenankan atau diperbolehkan berdasarkan sebagian pendapat para ulama dan hadits Ubadah bin Shamit tersebut diatas.

eddye

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT